Pondok Pesantren Penghafal Qur’an Di Jawa Barat

Daarul Hasanah

Dari waktu ke waktu fungsi pondok pesantren berjalan secara dinamis, berubah dan berkembang meniru dinamika sosial masyarakat global. betapa Tidak, pada mulanya institusi tradisional ini mengemban fungsi sebagai institusi sosial dan penyiaran agama.

Pondok pesantren sebagai institusi pendidikan yang memiliki tujuan yang tak berbeda dengan pendidikan agama Islam yakni mencapai etika yang total atau mengajar budi pekerti dan jiwa. Maksud dari mencapai etika yang total yakni dapat dijelaskan pada terciptanya pribadi muslim yang memiliki indikator iman, taqwa, ta’at melakukan ibadah, bermoral mulia dan dewasa secara fisik dan rohani, serta berupaya untuk hidup sesuai dengan ajaran agama Islam.

Daarul Hasanah ialah salah satu pondok pesantren penghafal Qur’an yang ada di Jawa Barat. di bawah Naungan YAYASAN GENERASI PENGHAFAL QUR’AN DAARUL HASANAH. Banyak hadits Rasulullah SAW yang mendorong untuk menghapal Al Qur’an atau membacanya di luar kepala, sehingga hati seorang individu muslim tak kosong dari sesuatu bagian dari kitab Allah swt. Seperti dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, “Orang yang tidak mempunyai hafalan Al Qur’an sedikit pun adalah seperti rumah kumuh yang mau runtuh.” (HR. Tirmidzi).

salah satu tujuan mulia dari Pondok pesantren Daarul Hasanah iyalah menghasilkan Hafis yang baru, kami siap membangun peradaban Islam yang baru, dengan menanamkan

Baca juga Pesantren Tahfidz Qur’an Putra Di Cianjur

Kemandirian

IMG-20191215-WA0065

tidak hanya menciptakan Hafiz atau penghafal Qur’an, tetapi juga mengajar para santri dengan nilai-nilai sosial seperti kemandirian salah satunya yaitu dengan menempatkan Santri di pondok, yang jauh dari orang tua, sehingga membuat para santri harus belajar mandiri untuk mengurus diri sendiri baik dari membersihkan diri dsb, dengan proses ini di harapkan para santri dapat hidup mandiri di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga Program-Program Yayasan Generasi Penghafal Qur’an Daarul Hasanah Cianjur Jawa Barat

 

Rasa Empati

 

selain kemandirian kami juga mengajarkan Empati, dengan harapan para santri kelak menjadi mahluk sosial yang budiman tidak pandang buluh, besar keinginan kami agar para santri menjadi manusia-manusia yang mempunyai rasa simpati yang tinggi, tidak hanya pada sesamanya sebagai Muslimin tetapi juga kepada makhluk Tuhan yang lain, supaya tidak menjadi tinggi hati saat berada di atas. selain itu mempunyai Sifat Empati juga dapat menjauhkan diri dari sikap egois Karena orang-orang yang mempunyai rasa empati dapat merasakan dan memahami kesulitan yang dialami orang lain, sehingga dirinya sendiri akan enggan menlakukan suatu perbuatan yang dapat menimbulkan ketidak sukaan bagi orang lain

 

Baca Juga Kelebihan Penghafal Qur’an Daarul Hasanah

Hubungi kami

jika Anda Berkeinginan menerima ilmu dan moral yang baik secara khusus pendalam akan Al-Qur’an.

Kini kami hadir lebih dekat dengan Anda yang berkeinginan mendalami ilmu agama dengan    penghafal Qur’an.

  • YAYASAN GENERASI PENGHAFAL QUR’AN DAARUL HASANAH
  • Jl. Pasir Kampung No.3 RT 01 RT 12 Kampung Pasekon. Desa Cipendawa. Kec Pacet. Cipanas. Cianjur. Jawa Barat. 43253
  • 0821 1111 8892 – 087 888 390 900

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *