Ketahui Manfaat Menghafal Qur’an bagi Kehidupan

Pengertian Al-Qur’an

DISINFORMASI) Isu Perbedaan Surat Al Hujurat 8 pada Al Qur'an Sumbangan Kerajaan Arab - TurnBackHoax

Al-Qur’an yakni kitab suci bagi umat Islam. Di dalamnya terkandung bermacam-macam ilmu pengetahuan untuk manusia. Untuk itu membacanya, termasuk suatu peringatan keharusan. selain itu, Al-Qur’an berisi petunjuk untuk hidup manusia.

Al-Quran dalam bahasa Arab artinya bacaan. Tiap-tiap tahun, ada banyak orang dari bermacam-macam belahan dunia yang menghafal Al-Qur’an, terlepas dari negara mana mereka berasal.

Menghafal al-Quran termasuk ibadah sebagai tujuan hidup dalam islam jika dilakukan ikhlas karena Allah dan bukan untuk menginginkan pujian di dunia sebagaimana fungsi alquran dalam kehidupan dan keajaiban alquran di dunia. Bahkan salah satu ciri orang yang berilmu menurut standar al-Quran, yakni mereka yang mempunyai hafalan al-Quran sebagai metode dan format manfaat membaca alquran setiap hari

Manfaat Menghafal Qur’an

 

1. Mendapatkan Kenikmatan Dunia.

salah satu kenikmatan dunia yaitu hafal dengan Al-Qur’an. Dengan menjaga Al-Qur’an, Allah selalu memberikan kemudahan baginya. Pun Allah izinkan hambanya untuk dengki pada seseorang yang diberikan kenikmatan hafal Al-Qur’an.

”Tidak boleh seseorang berkeinginan kecuali dalam dua perkara, menginginkan seseorang yang diajarkan oleh Allah kepadanya Al-Qur’an kemudian ia membacanya sepanjang malam dan siang, sehingga tetangganya mendengar bacaannya, kemudian ia berkata, ‘Andaikan aku diberi sebagaimana si fulan diberi, sehingga aku dapat berbuat sebagaimana si fulan berbuat’” (HR. Bukhari)

2. Hati Tidak Akan Pernah Merasa Kosong

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas secara marfu: “Orang yang tidak mempunyai hafalan Al Quran sedikitpun adalah seperti rumah kumuh yang mau runtuh”. (Hadits diriwayatkan oleh Tirmizi dari Ibnu Abbas (2914), ia berkata hadits ini hasan sahih).

Ketenteraman yang membawa ketenangan bagi tubuh, pikiran, dan jiwa. Dan tidak ada apa bahkan di dunia ini yang bisa membawa ketenangan seperti itu, selain firman-firman Allah SWT dalam Al-Qur’an.

Allah berfirman dalam QS. Ar-Ra’d ayat 28 yang artinya: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.”

3. Kebarokahan

Dan dengan tangan kita yang penuh, kita hampir tidak punya cukup waktu untuk menghapal ayat-ayat Al-Qur’an. Meskipun kita sering disibukkan oleh segala macam kegiatan, sempatkanlah untuk menghapal atau membaca Al-Qur’an. Bahkan jika sanggup belajar cuma satu baris per hari, lakukanlah!

4. Mendapatkan Perlindungan dan Rahmat Melewati Malaikat

Allah amat menyenangi orang-orang yang menjaga Al-Qur’an dalam dirinya. Termasuk dengan membaca dan menghafalnya. Apalagi dengan memahami isi dan mengamalkannya. Allah memberi perhatian khusus bagi orang-orang ini. Allah melindungi mereka dari kriminalitas. selain itu juga melimpahkan banyak rahmat bagi mereka.

5. Memperoleh Mahkota Kemuliaan

penghargaan ini datangnya segera dari Allah. Merekalah orang-orang terpilih yang dapat melewati ujian di dunia yang cuma sementara. Mereka asumsi sukses lulus dari semua cobaan duniawi.

Mereka akan dipanggil, “Di mana orang-orang yang tidak terlena oleh menggembala kambing dari membaca kitabku?” Maka berdirilah mereka dan dipakaikan salah seorang mereka mahkota kemuliaan, diberikan kepada kesuksesan dengan tangan kanan dan kekekalan dengan tangan kirinya. (HR. At-Tabrani)

6. Meningkatkan iman dan meleburkan keras hati

Al-Quran melembutkan hati yang paling keras, dan menghafalkannya meleburkan kekerasan hati seseorang. Semakin banyak halaman yang dihapal, kian kuat imannya. Dengan cinta Al-Quran, cinta terhadap Allah juga meningkat, dan seperti itu pula cintamu terhadap Nabi-Nya dan pengikut-Nya.

Allah berfirman dalam QS. Al-Anfal ayat 2 yang artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan terdekat dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka, dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.”

7. Orang Tua bahkan Dijanjikan Kemuliaan

tidak cuma seorang penghafal Al-Qur’an saja yang dijanjikan kemuliaan. orang tua mereka bahkan juga. Sungguh, seorang anak yang berbakti pada orang tua salah satu caranya memberikan kemuliaan.

“Mengapa kami dipakaikan jubah ini?” Dijawab, ”Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al-Qur’an.” (HR. Al-Hakim)

8. Penyembuh dari Bermacam-macam Jenis Penyakit

“Dan makanlah oleh kamu bermacam-macam buah dan tempuhlah jalan jalan yang telah ditetapkan pada tubuhmu dengan lancar. Ada madu yang bermacam jenisnya dijadikan sebagai obat untuk manusia. Di alam semesta terdapat banyak tanda kekuasaan Allah bagi orang yang melanggar hal itu.” (QS An-nahl 16: 69)

Dalam ayat tersebut sungguh-sungguh jelas bahwa seorang yang dekat dengan Al-Qur’an dijauhkan dari penyakit. Tidak hanya dijauhkan, namun juga bisa disembuhkan. Al-Qur’an yakni ilmu yang mencakup berbagai aspek kehidupan. Dalam hal penyembuhan dalam Al-Qur’an ada ilmu kesehatan termasuk didalamnya yakni obat. Maka bagi orang yang hafal dengan Al-Qur’an akan berpikir dan mengambil ilmu.

9. Punya Sinar Lebih indah dari Matahari

Dengan menghafal Al Quran, umat Islam akan mempunyai sinar yang lebih indah dari sang surya. Nabi Muhammad SAW bersabda “Barang siapa yang membaca Al-Quran dan mengamalkannya, maka dipakaikan lah mahkota dari cahaya pada hari kiamat. Cahayanya lebih indah dibanding cahaya matahari di dunia.”

 

Nah, beberapa manfaat dalam menghafal dan membaca Al-Qur’an bagi kita. Al-Qur’an memang memiliki sejuta manfaat dan di antaranya sudah diceritakan diatas. Manfaat tersebut bisa bertambah lagi pantas orang yang menikmati manfaatnya.

Dari sekian banyak manfaat Al-Qur’an, tentu Anda ingin merasakannya. Tak perlu lagi untuk memulai hafalan Al-Qur’an dari sekarang. sekarang sudah ada berjenis-jenis cara yang canggih untuk meningkatkan kesanggupan hafalan Anda. Salah satunya adalah saling hafalan dengan sahabat seusia.

 

Hubungi kami

jika Anda Berkeinginan menerima ilmu dan moral yang baik secara khusus pendalam akan Al-Qur’an kini kami, hadir lebih dekat dengan Anda yang berkeinginan mendalami ilmu agama dengan penghafal Qur’an.

  • YAYASAN GENERASI PENGHAFAL QUR’AN DAARUL HASANAH
  • Jl. Pasir Kampung No.3 RT 01 RT 12 Kampung Pasekon. Desa Cipendawa. Kec Pacet. Cipanas. Cianjur. Jawa Barat. 43253
  • 0821 1111 8892 – 087 888 390 900

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *