Kemuliaan Penghafal Al-Qur`an di Akhirat

Bagi umat islam, Al-Qur’an bukanlah benda yang asing lagi. Kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW ini menjadi pedoman hidup bagi para umat islam. Bahkan, di antara mereka ada yang menghafalnya, dari mulai satu Juz hingga tiga puluh Juz.

 

3 Aplikasi Alquran untuk Pelengkap Ibadah di Bulan Ramadan - Ramadan  Liputan6.com

“Siapa yang membaca Al-Qur`an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat. Cahayanya seperti cahaya matahari. Dan Kedua orangtuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan) yang tidak pernah didapatkan di dunia. Keduanya bertanya, ‘Mengapa kami dipakaikan jubah ini? “Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al-Qur`an” (HR Hakim).

Di akhirat, Allah Swt. Memuliakan para penghafal Al-Qur`an. Dikala ash-habulyamin dimasukkan ke dalam surga, kemudian Allah Swt. Menempatkan mereka pada tempat yang cocok dengan amal kebaikan mereka di dunia, karenanya Allah Swt. Memanggil dan mengumpulkan para penghafal Al-Qur`an.

Mereka diperintahkan agar mengumandangkan ayat-ayat suci Al-Qur`an yang telah mereka hafal di dunia. Beriringan dengan lantunan ayat-ayat Al-Qur`an masing-masing mereka terangkat kedudukannya di surga. Kedudukan mereka di surga akan terus meningkat hingga akhir ayat yang mereka hafal. Kian banyak hafalan Al-Qur`annya, semakin tinggi kedudukannya di surga. Rasulullah Saw. bersabda,

“Dikatakanlah kepada para penghafal Al-Qur`an, ‘Bacalah dan tinggikan suaramu. Kumandangkanlah Al-Qur`an sebagaimana kamu dulu mengumandangkannya di dunia. Sesungguhnya kedudukanmu di surga terletak pada akhir ayat yang kamu baca” (HR. Abu Dawud dan Ahmad).

Rasulullah Saw. Berjanji bahwa tiap huruf Al-Qur`an yang dibaca dan dihafalkan mendapatkan sepuluh kebaikan. Sedangkan yang bacaan Al-Qur`annya masih terbata-bata akan mendapatkan dua kebaikan. Dan di hari kiamat nanti, Al-Qur`an akan memberikan syafa’at kepada para penghafalnya. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw.

“Penghafal Al-Qur`an akan datang pada hari kiamat, kemudian Al-Qur`an akan berkata, ‘Wahai Tuhanku, pakaikanlah pakaian untuknya.’ Kemudian orang itu dipakaikan mahkota kehormatan. Al-Qur`an kembali meminta, “Wahai Tuhanku tambahkanlah”. Lalu orang itu dipakaikan jubah kehormatan. Kemudian Al-Qur`an memohon lagi, ‘Wahai Tuhanku, ridhailah dia.’ Allah Swt. pun meridhainya. Dan diperintahkan kepada orang itu, ‘Bacalah dan teruslah naiki (derajat-derajat surga). ’Allah Swt. Menambahkan dari setiap yang dibacanya tambahan nikmat dan kebaikan” (HR Tirmizi).

 

Hubungi kami

jika Anda Berkeinginan menerima ilmu dan moral yang baik secara khusus pendalam akan Al-Qur’an.

kini kami hadir lebih dekat dengan Anda yang berkeinginan mendalami ilmu agama dengan penghafal Qur’an.

  • YAYASAN GENERASI PENGHAFAL QUR’AN DAARUL HASANAH
  • Jl. Pasir Kampung No.3 RT 01 RT 12 Kampung Pasekon. Desa Cipendawa. Kec Pacet. Cipanas. Cianjur. Jawa Barat. 43253
  • 0821 1111 8892 – 087 888 390 900

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *