Keistimewaan Penghapal Qur’an

Al-Qur’an adalah sumber syariat Islam yang dapat mendatangkan ketenangan jiwa bagi seseorang yang membaca atau mengamalkannya. Oleh karena itu, sebagian orang berlomba-lomba-lomba-lomba dapat menjadi penghafal Al-Quran.

Menjadi penghafal Alquran yakni ibadah sekiranya dikerjakan dengan hati yang berlapang dada karena Allah. “Bahkan, Alquran itu adalah ayat-ayat yang nyata, yang ada di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu.” (QS. Al-Ankabut: 49).

Rasulullah SAW amat mensupport teman dan umatnya untuk menghafal ayat-ayat suci Alquran. Orang-orang yang menghafal Alquran mendapat peringkat yang istimewa di mata Allah SWT dan Rasulullah SAW. Mereka yang menjaga Alquran melalui hafalan akan mendapat penghargaan yang dihargai dalam kehidupan di dunia dan di akhirat.

Keistimewaan Penghapal Al-Qur’an

 

1. Mudah Dalam Memahami Pembelajaran

Penelitian yang telah dilakukan oleh Dr. Al Qadhi salah satu dokter saraf ternama di Amerika Serikat. Cuma dengan memperdengarkan ayat-ayat Al-Quran, Seorang Muslim, baik mereka yang menguasai bahasa Arab maupun tak, mereka akan merasakan manfaatnya berupa perubahan fisiologis yang benar-benar besar, menambah kecerdasan otak manusia, menangkal beraneka penyakit, penghilang depresi, dan lain sebagainya .

2. Diberikan Kemudahan dalam Melaksanakan Segala Hal

Tentu saja para penghafal Alquran senantiasa diberikan oleh Allah Swt. Sebab Allah Swt sudah memastikan para penghafal Alquran sebagai keluarga-Nya diatas Bumi. Seperti sabda Rasulullah:

“Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga antara manusia, para sahabat bertanya,“ Siapakah mereka ya Rasulullah? ” Rasul menjawab, “Para ahli Alquran. Merekalah keluarga Allah dan pilihan-pilihan-Nya. ” (HR. Ahmad)

Salah satu solusi bagi penghafal Alquran yang Allah berikan seperti yang terjadi di Indonesia “Hafiz Alquran 5 Juz, Dapat Daftar SEMA UPNVJ via Jalur Prestasi”.

3. Nabi Muhammad Akan Menjadi Saksi Para Penghafal Al-Qur’an

Jabir bin Abdillah RA bercerita, bahwa Nabi Muhammad menggabungkan dua jenazah uhud dalam satu kain kafan. Tiap pemula memakamkan, beliau tanya “Siapa yang paling banyak hafalan qurannya?”

Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memposisikan yang paling banyak hafalannya di posisi paling dekat dengan lahat. Lalu beliau bersabda, “Saya akan menjadi saksi bagi mereka kelak di hari kiamat. (HR. Bukhari 1343 & Turmudzi 1053).

4. Kedudukannya di surga Akan Tinggi

Kedudukan para penghafal Alquran di surga sesuai banyaknya ayat yang ia hafal. Para penghafal Alquran pastinya sudah menghapal banyak ayat.

Dari Abdullah bin Amr RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Ditawarkan kepada penghafal Alquran,“ Baca dan naiklah ke tingkat berikutnya. Read with tartil ” dulu kamu mentartilkan Alquran ketika di dunia. Karena keberadaanmu di surga setingkat dengan banyaknya ayat yang kamu hafal. ” (HR. Abu Daud 1466, Turmudzi 3162 dan dishahihkan al-Albani

5. Syafaat di Hari Akhir

Nabi Muhammad bersabda, “Bacalah Al-Quran, karena ia akan datang pada hari Kiamat sebagai pemberi syafaat bagi pemiliknya.” (HR Muslim)

6. Dikumpulkan Bersama Malaikat Mulia lagi Berbakti

Penghafal Al-Quran akan mengumpulkan malaikat yang mulia lagi berbakti. Di dalam sebuah hadits nyala, Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya,

Demikian sebagian kemuliaan yang didapatkan bagi para penghafal Al Quran. Masih banyak kemuliaan lain yang Allah SWT janjikan bagi siapa saja yang menghafal dan mengamalkan kitab suci-Nya

 

Saat kini ini mencari pondok pesantren di indonesia tidak lagi sulit, terlebih di tempat Jawa Barat, mengingat banyaknya Pondok pesantren yang didirikan. tidak hanya sekolah formal yang di ajarkan tetapi juga sopan santun yang baik seperti penghafal Qur’an.

 

Tentang PENGHAFAL QUR’AN DAARUL HASANAH

 

jika anda Berkeinginan menerima ilmu dan moral yang baik secara Khusus pendalam akan Al-Qur’an kini YAYASAN GENERASI PENGHAFAL QUR’AN DAARUL HASANAH hadir lebih dekat dengan anda yang berkeinginan mendalami ilmu agama dengan penghafal Qur’an.

tidak sekedar mengahafal tetapi juga Mendidikan Moral, dengan menerapkannya dikehidupan sehari hari. yayasan yang berlokasi di Jawa Barat ini tepatnya berlokasi di Jl. Pasir Kampung No.3 RT 01 RT 12 Kampung Pasekon. Desa Cipendawa. Kec Pacet. Cipanas. Cianjur. Jawa Barat. 43253,

 

Hubungi kami

  • YAYASAN GENERASI PENGHAFAL QUR’AN DAARUL HASANAH
  • Jl. Pasir Kampung No.3 RT 01 RT 12 Kampung Pasekon. Desa Cipendawa. Kec Pacet. Cipanas. Cianjur. Jawa Barat. 43253
  • 0821 1111 8892 – 087 888 390 900

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *