3 Golongan Penghafal Qur’an

3 golongan penghafal al quran

3 golongan penghafal al quran – Sebagai umat Islam kita mempunyai petunjuk hidup dan pedoman hidup kita ialah Al-Quran.

Dengan Al-Quran inilah hidup kita akan terarah dan berada di jalan yang benar.

Tak hanya memberi arahan kita ke jalan yang benar, Al-Quran mempunyai banyak keutamaan bagi orang yang membacanya.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra yang maksudnya: “Bahwa Rasulullah saw bersabda: “Siapa yang medengar satu ayat dari Kitab Allah Ta’ala (al-Qur’an) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipatganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahanya di hari akhir zaman.”

Oleh karena itu mari kita simak pembahasan beriku

Sebelum kita lebih lanjut menerangkan secara mendetail seputar 3 golongan penghafal al quran.

Maka ada bagusnya kita jelaskan sedikit saja perihal manfaat menghapal dan membaca Al-Qur’an.

Dalam menghafal Qur’an, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam telah memberikan kiat dalam menghafalkan Al Qur’an supaya kencang dalam menghafal dan tak mudah sirna dari ingatan. Sehingga manfaatnya akan sangat terasa.

Keutamaan Menghafal Al-Qur’an

Dibawah ini ada beberapa dalil perihal Keutamaan Menghafal Al-Quran

“Penghafal Quran akan datang pada hari akhir zaman dan AlQuran berkata: “Wahai Tuhanku, bebaskanlah ia. Kemudian orang itu dipakaikan mahkota karamah (kehormatan). Al-Quran kembali minta: Wahai Tuhanku, ridhailaih dia, karenanya Allah meridhainya. Dan diperintahkan terhadap orang itu, bacalah dan teruslah naiki (derajat-derajat surga). Dan Allah menambahkan dari tiap ayat yang dibacanya tambahan nikmat dan kebaikan.” (HR Tirmidzi)

“Orang-orang yang tak punya hafalan Al-Quran sedikitpun yaitu seperti rumah kumuh yang mau ambruk.”  (HR Tirmidzi)

“Sebaik-baik orang di antara kalian ialah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya” (HR. Bukhari)

“Barangsiapa yang membaca (hafal) Al Qur’an, maka sungguh dirinya telah menaiki derajat kenabian, hanya saja tak diwahyukan kepadanya.” (HR. Hakim)

“Adalah nabi mengumpulkan di antara dua orang syuhada Uhud kemudian beliau bersabda, “Manakah di antara keduanya yang lebih banyak hafal Al Qur’an, ketika ditunjuk kepada salah satunya, maka beliau mendahulukan pemakamannya di liang lahat.” (HR. Bukhari)

“Yang menjadi imam suatu kaum yaitu yang paling banyak hafalannya.” (HR. Muslim)

“Sebenarnya, Al Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zalim.” (QS Al-Ankabuut 29:49)

Nah kita sudah menerangkan sedikit perihal Al-qur’an di atas yang merupakan bagian dari penjelasan 3 golongan penghafal al quran.

Setelah mengetahui manfaat menghapal dan membaca Al-qur’an di atas. Tetapi yang menjadi problem Sebetulnya banyak orang yang tidak mengenal bagaimana teknik menghafal Al-Qur’an dengan pesat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *