Info Hafal Qur’an di Bantul

info hafal Qur'an
Info Hafal Qur’an di Jakarta Utara
18/09/2016
info sebulan Hafal Qur;an di Kota Pematangsiantar
Info Hafal Qur’an di Sleman
18/09/2016

PANDUAN AGAR BISA HAFAL QUR’AN.

 

Alhamdulillah,  keiginan masyarakat terhadap keutamaan menghafal Qur’an kian hari  kia meningkat. Tetapi banyak sekali masyarkat yang bertanya-tanya bagaimana cara menghafal yang mudah dan ringan dilakukan di tengah aktifitas keseharian kita yang padat.

Berikut adalah beberapa langkah agar kita dapat menghafal Qur’an denga mudah:

 

Memurnikan niat

Hal ini sangat penting  Karena segala sesuatu harus melakukannya dengan tulus karena  Allah apalagi ini menghafal Al Qur’an. Hendaknya kita  Berharap untuk mendapat rahmat-Nya, memperoleh kesenangan dari Nya dan mencapai Jannah (surga) Nya. Bukan karena hal lain, demi ujian, teman, keluarga atau karena ingin pamer.  Kita berlindung kepada  Allah dari hal yang demikian.

“Allah hanya menerima amalan untuk mendapat kesenangan dari Nya (H.R. An-Nasa’i) Semoga Allah senantiasa menjaga niat suci kita.

 

Mulai sekarang juga

Sebaiknya kita tidak menunda nunda niat kita karena Niat kita, besok, lusa, minggu depan, bulan depan  tidak akan sekuat niat kita hari ini. Luangkan waktu untuk diri kita. Jangan memperbanyak alasan. Perbanyak memikirkan manfaat. Bayangkan, pahala yang kita dapatkan apa bila kita membaca satu hurup dari Al Qur’an, apa lagi membaca dan menghafalkannya terlebih lagi mentadaburinya, kita akan menemukan kisa kisah indah, nasihat nasihat berguna bagi kehidupan kita. Ambilah Al Qur’an kita selesai melaksanakan sholat sunnat, ataupun sholat wajib. Itulah momentum terbaik yang harus kita gunakan.

 

Gunakan Mushaf  Yang  Sama ketika menghafal

Dengan menggunakan mushaf yang sama, maka kita akan lebih akrab dengan tulisan dan tataletak ayat ayat, mata kita akan melihat warna, dekorasi, bentuk dari huruf yang selalu sama sehingga dengan demikian akan semakin mudah menghafalnya.

 

Mendengarkan bacaan Al-Qur’an.

ini mungkin hal yang sedikit sulit, hilangkan mental block ketika mengatakan hal yang negatif, katakan dan pikirkan hal positif bahwa kita pasti bisa. Lepaskan musik kesayangan kita, pop, rock. Dua hal berlawanan tidak dapat hidup berdampingan satu sama lain. Tentu saja, ada pendapat yang berbeda tentang hal ini. Tapi apakah kita lebih suka mendengarkan musik daripada mendengarkan lantunan ayat ayat  Al-Qur’an yang dikatakan untuk menenangkan dan menentramkan hati seseorang? (Q.S. 13:28). Setelah kita menghafal beberapa ayat, kita bisa mendengarkan dari CD atau kaset dengan surat dan ayat yang sama dari suara qori favorit kita. Ini akan semakin menguatkan hafalan kita.

 

Pengulangan dan pembagian halaman sebagai dasar untuk menghafal.

Baca seluruh halaman beberapa kali, kita bisa  memilih untuk membagi halaman menjadi tiga atau dua bagian. Hal ini tergantung pada bagaimana mudahnya dan praktisnya kita  menemukan halamannya. Hafalkan bagian pertama sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya. Hindari melanjutkan ke bagian berikutnya sebelum yang pertama. Pastikan bahwa kita mendapatkan bagian pertama yang tersimpan dalam memori Anda, kuat dan utuh.

 

Memahami adalah kunci untuk menghafal

Dengan memahami apa yang kita hafal, kita akan semakin merasa dekat dengan yang menciptakan Al Qur’an. Kita akan merasakan kalau Allah berdialog dengn diri kita, sehingga kita bisa menangis menikmati kalimat kalimat yang Allah sampaikan kepada kita. Demi Allah, kita akan  menemukan Al-Qur’an begitu  indah, bahkan dapat membawa diri kita  ke titik terendah dan membuka diri kita kepada  perubahan terbesar. Fokus pada apa yang kita  baca untuk memahami ayat. Jangan memikirkan  tentang hal-hal lain sambil berulang kali membacanya.

 

 Mulailah dengan perlahan

Jika kita mengambil langkah kecil satu per satu, insyaa Allah kita akan menemukan keistiqomahan yang lebih mudah.

 

Jangan menyerah.

Apapun yang terjadi maju terus jangan menyerah, jika hari ini merasa sulit maka besok pun akan tetap sulit jadi berpikirlah kemudahan karena Allah telah mudahkan. Surat Al Qomar :17. Teruslah bergerak maju menghafal tak kenal lelah dan pantang menyerah.

 

Memilik sahabat yang satu keinginan yaitu menghafal Qur’an

hal ini juga sangat membantu untuk menjaga motivsai satu sama lain, dengan cara berbagi berapa banyak yang kita  telah hafal dan revisi.

 

Membuat rencana.

Setiap halaman kemungkinan ada beda waktu penghafalannya. Bisa jadi 4-6 halaman kita bisa hafalkan dalam waktu 1 jam. Bisa juga 2 jam bahkan 1 hari. Kita senantiasa terus berdoa kepada Allah agar dimudahkan setiap kita menemukan halaman yang sulit untuk di hafalkan. Insya Allah akan dimudahkan. cukup banyak halaman yang memiliki ayat-ayat yang kita telah pelajari / dihafalkan. Hal ini juga akan  lebih memudahkan kita.

 

Waktu terbaik,

Waktu terbaik menghafal Al-Qur’an adalah setelah shalat Subuh atau saat waktu fajar fajar disaat pikiran kita sedang segar. saat fajar, segala sesuatu terasa lebih mudah untuk memasuki pikiran kita. Ketenangan fajar. kita harus  menjadi lebih  produktif di pagi hari, seperti yang digambarkan oleh Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam dalam hadits “Ya Allah, berkatilah umatku di pagi hari.” (H.R. Abu Dawud, al- Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Setelah waktu shalat selalu menjadi saat terbaik untuk menghafal. Intinya isilah waktu waktu luang anda, atau sempatkan setiap selesai sholat untuk memegang Al Qur’an.

 

 Jadilah produktif.

Bacalah Al-Qur’an ketika kita berangkat ke sekolah / bekerja, di dalam kereta / bus. Dengan demikian waktu kita lebih bermanfaat dan berguna dan menjadi lebih produktif.

 

Bawa selalu mushaf  ke manapun kita  pergi.

Jadikan Qur’an sebagai bacaan utama, dimanapun dan kapanpun.jadikan sebagai pengingat untuk membacanya insyaa Allah.

 

Jaga mata kita.

Jauhkan diri kita dari pandangan pandangan terhadap lawan jenis. Apalagi yang terbuka auratnya. Jaga telinga dan pendengaran kita dari mendengarkan gibbah ataupun uapan ucapan yang tidak berguna. Jaga mulut kita dari fitnah, dari kebohongan dan dari perkataan yang Allah telah larang.  Sebuah puisi karya imam Syafi’i rohimahullah.

Aku mengadu kepada Wakii'(Guru Imam Syafi’i) tentang memori saya yang miskin

Dia menyarankan saya untuk menjauhkan diri dari perbuatan dosa

Dan dia mengatakan kepada saya bahwa pengetahuan adalah cahaya

Dan cahaya Allah tidak akan menjadi pedoman bagi orang berdosa

“Seorang pria bertanya kepada Malik bin Anas, ‘Wahai Abu ‘Abdullah! Apakah ada sesuatu yang akan meningkatkan memori saya? “Dia berkata, ‘Jika ada akan memperbaikinya, itu adalah meninggalkan dosa.”

 

Banyak bertaubat.

Perbanyaklah Istighfar, terkadang kita melakukan dosa bahkan tanpa menyadarinya. Haruskah seseorang jatuh dulu, baru seseorang harus bersegera bertaubat kepada Allah? Dia menerima pertobatan bagi mereka yang tulus bertaubat insyaa Allah.

 

“Dan, sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal shalih, kemudian tetap di jalan yang benar.” (Q.S. 20:82)

 

Memiliki seseorang untuk mendengarkan hafalan Anda; tasmii ‘.

Hendaknya kita memiliki sahabat, anggota keluarga atau guru kita yang mau melakukan tasmii’ utuk kita. Mereka adalah orang orang yang tahu bagaimana membaca Al Qur’an dengan baik dan benar. Sehingga mereka dapat membenarkan bacaan kita.

 

Muraja’ah (mengulang dan merevisi) apa telah Anda hafal.

Mencari guru atau seseorang yang mau mendengarka muraja’ah kita (revisi). Kita harus senantiasa menggenggam hafalan kita dengan mengulangi dan merevisinya teus menerus. “Berpegang  teguhlah kalian dengan Al-Qur’an, dengan Yang Menggenggam jiwa saya, itu lebih erat dari terlepas ikatannya daripada unta yang diikat.” (Muttafaqun ‘alaihi). Perlu disadari bahwa kita adalah manusia yang memiliki sifat lupa. Jadi untuk menghindari itu, perbanyaklah mengulang, meskipun kita sudah hafal.

 

Makan kismis dan madu.

Insya Allah dengan banyak mengkonsumsi kismis dan madu, kita akan terbantu untuk meningkatkan daya ingat kita. Aamiin.

 

 Shalat malam.

Lakukan qiyamul lail, meskipun hanya dua raka’ah. Hanya mulai dengan dua raka’ah  qiyamul lail  dan berdoa. Insyaa Allah ini akan membantu. Dalam hadits yang indah nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam berkata, “Tuhan kami turun setiap malam ke langit bumi saat sepertiga terakhir malam dimulai. Dia mengatakan: “Apakah ada permohonan untuk Ku jawab? Apakah ada pencari pertolongan-Ku sehingga Aku akan memberi mereka? Apakah ada pencari pengampunan sehingga saya akan memaafkan mereka? “ Imam Syafi’i rohimahullah berkata “Doa yang dipanjatkan saat tahajud adalah seperti anak panah yang tidak melewati target”. Rasulullah (Shalallahu ‘alaihi wasallam) mengatakan; “Sesungguhnya Tuhanmu adalah murah hati dan pemalu. Jika hamba-Nya mengangkat tangannya kepada-Nya (dalam permohonan) Ia menjadi malu untuk mengembalikan mereka dalam keadaan kosong. “(H.R. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi)

  • Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. (Q.S. 40:60)
  • “…Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku,…”(2: 186)

Ketahuilah bahwa tidak ada yang lebih didambakan Allah lebih dari seorang hamba berdoa kepada-Nya. (H.R. Tirmidzi).

Jadi mintalah Allah untuk membuat pikiran dan hati kita  mudah untuk mengingat firman-Nya. Mintalah kepda-Nya untuk memperkuat memori kita untuk mengingat dan tidak melupakan apa yang telah kita hafal, beberapa orang mengalami kesulitan dalam menghafal, mereka merasa sulit untuk mengingat dan mudah melupakan, meminta Allah untuk memperkuat itu. Mintalah Allah untuk menghapus kemalasan kita.

 

Mendoakan  orang lain.

“Doa seorang muslim untuk saudaranya (Muslim) tanpa sepengetahuannya mudah diterima, satu malaikat diutus untuk menyertainya, setiap kali ia membuat doa bermanfaat bagi saudaranya malaikat yang diutus mengatakan”aamiin dan mungkin kita juga sama-sama diberkati. “(H.R. Muslim)

 

Memohonlah doa dari kedua orang tua kita

“Rasulullah (Shalallahu ‘alaihi wasallam) mengatakan; Tiga permohonan tidak akan ditolak oleh Allah, doa dari orang tua untuk anaknya, orang yang berpuasa dan musafir. “(H.R. Al-Baihaqi, at-Tirmidzi)

Semoga apa yang telah disampaikan diatas bisa kita amalkan, mari kita saling mendoakan agar kita senantiasa diberi kemudahan untuk dapat menghafalkan Al Qur’an. Dan bagi yang ingin memiliki waktu khusus silahkan daftarkan diri anda untuk dapat menghafalkan Al Qur’an dalam 30 hari silahkan kunjungii website kami di  www.parapenghafalquran.com

 

parapenghafalquran.com

 

banner-ykpq-final-2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *