Hafal Qur’an itu Mudah

Cara Mudah Hafal Qur’an
22/09/2016
Hafal Qur'an itu Penting
Hafal Qur’an Itu Penting
24/09/2016

hafal Qur'an dengan metode yadain

Hafal Qur’an Itu Penting

kenapa harus hafal Qur’an? Orang yang jauh dari Qur’an ( tidak membaca- tidak menghafal-tidak mengamalkan-tidak mendakwahkan-tidak memperjuangkan- tidak di pakai hukumnya ) hidupnya di dunia akan menjadi terasa sempit, tidak tenang dan tenteram, dadanya tidak lapang, bahkan akan terasa sempit dan sesak karena kesesatannya meskipun akan  keadaan luarnya nampak memperoleh kenikmatan, memakai pakaian mewah, mobil mewah, makan makanan yang enak, dan tinggal di mana saja yang ia kehendaki, namun hatinya jika tidak di atas keyakinan yang benar dan petunjuk, maka tetap dalam kegelisahan, keraguan dan kebimbangan. Hal ini termasuk ke dalam kehidupan yang sempit. Ibnu Abbas berkata tentang kehidupan yang sempit, yaitu kesengsaraan. Menurut Abu Sa’id, kehidupan yang sempit adalah disempitkan kuburnya sehingga tulang rusuknya bertabrakan.

 

Alloh SWT berfirman dlm SURAT THAHA (20) AYAT 124-127 menjelaskan tentang orang yang berpaling dari jalan Al Qur’an dan keadaannya di akhirat.

وَمَنْ أَعْرَضَ عَنْ ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنْكًا وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى (١٢٤)قَالَ رَبِّ لِمَ حَشَرْتَنِي أَعْمَى وَقَدْ كُنْتُ بَصِيرًا (١٢٥)قَالَ كَذَلِكَ أَتَتْكَ آيَاتُنَا فَنَسِيتَهَا وَكَذَلِكَ الْيَوْمَ تُنْسَى (١٢٦)وَكَذَلِكَ نَجْزِي مَنْ أَسْرَفَ وَلَمْ يُؤْمِنْ بِآيَاتِ رَبِّهِ وَلَعَذَابُ الآخِرَةِ أَشَدُّ وَأَبْقَى (١٢٧

124. Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku , maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yang sempit , dan Kami akan mengumpulkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta.”

125. Dia berkata, “Ya Tuhanku, mengapa Engkau kumpulkan aku dalam keadaan buta, padahal dahulu aku dapat melihat ?”

126. Dia (Allah) berfirman, “Demikianlah, dahulu telah datang kepadamu ayat-ayat Kami, dan kamu mengabaikannya, jadi begitu (pula) pada hari ini kamu diabaikan.”

127. Dan demikianlah Kami membalas orang yang melampaui batas dan tidak percaya kepada ayat-ayat Tuhannya. Sungguh, azab di akhirat itu lebih berat dan lebih kekal.

maka dari itu, hafal  Qur’an itu penting dan perlu, kenapa? bagaimana kita akan mengamallkanya kalau kita tidak hafal. atau setidak nya rajin membaca nya. di umpamakan, kita akan pergi ke suatu daerah, tentunnya kita sebelumnya akan mempelajari tentang daerah yang akan kita kunjungi itu. maka kita dalam perjalanan pun akan mengetahui kemana arahnya, mengetahui berapa lama perjalanannya. sehingga kita juga mempersiapkan bekal nya. begitu juga dengan kehidupan kita. kita sudah faham bahwa kita ingin hidup bahagia dan  ketika kita mati kita masuk surga. untuk hidup bahagia tentu ada tuntunanya, dan agar kita kelak bisa masuk surga itu kita juga harus mempelajari petunjuk tentang bagaimana caranya agar kita bisa sampai ke surga. itulah pentingya Al Qur’an.

hafal Qur’an, mengerti kandungan Al Qur’an, faham Qur’an, laksanakan Al Qur’an. Insya Allah dengan Hafal Qur’an, kita akan ingin faham kandungannya, dengan demikian kita akan dengan mudah  bisa melaksanakannya.

ingin Hafal Qur’an?

banyak yang berpikir kalau menghafal Qur’a itu sulit, kata siapa? Menghafal juga belum? Kenapa sulit? karena kita berpikir sulit. padahal Allah sudah menjamin kemudahan untuk menghafal Qur’an. maka dari itu ayo niatkan diri kita untuk meghafalnya. masih bingung. gabung aja di  karantina penghafal Qur’an Darul Hasanah, kami akan bantu memberikan metode agar mudah menghafalnya.

 

hafal qur'an

Hafal Qur’an

Comments are closed.