Cara Mudah Menghafal Quran Sejak Dini|0821 1111 8892

program liburan sekolah
Menghafal Qur’an Diliburan Sekolah
28/11/2017
Info Tahfidz Quran
Info Tahfidz Qur’an Di Bandung 0821 1111 8892
30/03/2018

Cara Mudah Menghafal Quran Sejak Dini

 

Cara Mudah Menghafal Quran Sejak Dini – Nikmat Allah yang sangat besar atas umatnya adalah diutusnya Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dengan mukjizat Al Quran yang Allah mudahkan untuk dipelajari dan dihafal oleh siapa saja. Tanpa terkecuali untuk anak-anak usia dini. Allah berfirman dalam Qs. Al Qamar ayat 17:

                                                        وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ

Artinya, “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?”

Ayat di atas memberikan pencerahan buat kita semua bahwa menghafal Al Quran itu mudah bagi siapapun, baik yang ingin menghafal sebagian isi Al Quran atau keseluruhan, baik yang ingin menghafal 1 juz atau 30 juz, baik yang ingin menghafal satu surat atau 114 surat.

 

Beberapa Cara Mudah Menghafal Quran Sejak Dini Sebelum Memasuki Sekolah

  1. Memperdengarkan hafalan Quran kepada anak sangat penting sekali, karena anak usia dini lebih mudah untuk mendengarkan atau meniru sesuatu apa yang diucapkan oleh para orang tuanya. Adapun untuk memperdengarkan hafalan quran kepada anak setelah setiap shalat 5 waktu ataupun sebelum dan sesudah tidur.
  2. Memberikan sugesti kepada anak bahwa menghafal quran itu mudah.
  3. Membuat suasana untuk anak-anak senyaman mungkin.
  4. Mulai menghafal Quran dari surat-surat pendek.

Teknik menghafal Quran yang bagus untuk anak setelah memasuki sekolah dasar

Teknik menghafal Al Quran ini adalah Salah satu cara yang paling penting. Yaitu orang tua harus menentukan target kepada anak-anak sesuai kemampuannya dan target tersebut bisa ditambah selama ia mampu. Membiaskan kepada anak membaca quran berulang-ulang setiap hari. Biasakan memberikan target hafalan ada yang per ayat atau per surat atau per halaman setiap harinya.

Sebelum menghafal al-quran hendaknya para orang tua mengajarkan kepada anaknya untuk menerapkan etika etika dalam membaca Al Quran. Ini bertujuan agar Allah memudahkan langkah anak kita dalam menghafalnya, serta menjauhkan dari godaan-godaan setan. Etika yang di terapkan kepada anak diantaranya

  • Niat sepenuh hati ditujukan kepada Allah ta’ala
  • Berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala
  • Membiasakan membaca Al-Quran dengan kaidah tajwid yang benar.
  • Menjaga kesucian dan kebersihan sebelum membaca Al Quran.

Bagi para orang tua yang menginginkan anaknya hafal Al Quran (Hafidz Qur’an) 30 juz, silahkan terapkan cara-cara di atas, setidaknya kami merangkum beberapa cara mudah menghafal Quran sejak dini. Yakinkanlah anak-anak bahwa mereka itu mampu, mereka itu bisa dan mereka itu cerdas. Bagaimanapun kondisinya, jangan dijadikan alasan. Karena semua itu adalah penghambat paling besar dalam kemudahan menghafal Al Quran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *