Al Qur’an Sumber ilmu Pengetahuan

parapenghafalquran.com | Saat kita  membaca kitab suci Al-Qur’an kemudian memahaminya lebih dalam maka kita  akan menemukan bahwa kitab suci umat Islam ini merupakan sumber segala ilmu pengetahuan. Di dalam Al-Qur’an sebagian menjelaskan tentang sejarah manusia, sejarah para nabi, aqidah, akhlak, ibadah, hukum-hukum, muamalah, ilmu tentang berfikir, makanan, minuman, pakaian, perhiasan, peradilan, hukum waris, aturan pernikahan, tata tertib perang, kesehatan, ilmu bumi, ilmu tentang antariksa, cuaca, tumbuhan, hewan, sidik jari, kendaraan, sampai hal yang berkaitan dengan masalah ghaib. Ada yang mengatakan juga bahwa Al-Qur’an ini sifatnya multi tafsir dan tidak akan habis untuk dikaji sehingga pengkajian Al-Qur’an akan selalu sesuai dengan perkembangan zaman. Al-Qur’an adalah mukjizat sepanjang zaman.

Di dalam Al-Qur’an dikatan bahwa, “Kitab Al-Qur’an ini tidak ada keraguan padanya petunjuk bagi orang yang bertakwa” Q.S Al-Baqarah ayat 2. Jika tidak ada keraguan atas kebenaran Al-Qur’an maka kitab ini siap untuk diuji kebenarannya secara sains. Sangat banyak bukti-bukti sains terkini dapat sesuai dengan penjelasan ayat di dalam Al-Qur’an.

Ketika membaca Al-Qur’an bisa jadi kita sudah mengetahui kebenarannya melalui ilmu-ilmu sains yang sudah diajarkan di sekolah dan sebagian lagi masih menjadi misteri yang berpeluang untuk dikaji untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

Sangat disayangkan jika Al-Qur’an yang didalamnya banyak ilmu pengetahuan tetapi kita masih acuh tak acuh memperhatikan tanda-tanda kebenarannya. Sehingga membaca Al-Qur’an merupakan hal yang pantas untuk ditadabburi, direnungi dan dengan sengaja mempengaruhi sikap dalam kehidupan sehari-hari. Melalui tadabbur makna Al-Qur’an akan mendorong rasa penasaran dan rasa penasaran itu jika ditindaklanjuti maka akan semakin tersingkaplah sebagian kecil dari ilmu-ilmu Allah yang Sang Luas.

Jika Anda penasaran terhadap kajian-kajian keilmuan Al-Qur’an yang kemudian sudah dibuktikan kebenarannya oleh sains maka Anda seyogyanya siap untuk mengkaji website berikut ini http://id.harunyahya.com/

Setelah Anda memahami betapa pentingnya Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam yang didalamnya terdapat pengetahuan sepanjang masa maka teguhkanlah hati Anda untuk segera berniat untuk menghafal Al-Qur’an, mengkaji dan mengamalkannya.

Menghafal Al-Qur’an tidak harus di karantina tahfizh. Tetapi jika Anda merasa bahwa karantina tahfizh tempat yang cocok seperti halnya Anda lihat alumni-alumninya mendapatkan manfaat, maka keputusan Anda untuk mengambil jadwal secepatnya sebab pendaftaran selalu dibuka setiap hari.

Ustadz Yadi Iryadi
Founder Metode Yadain Litahfizhil Qur’an
Dewan Pembina II Yayasan Karantina Tahfizh Al-Qur’an Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *